Header Ads


Sambut Hari Disabilatas Internasional, Dinsos Bantul Gelar Servis Kursi Roda Gratis

BANTUL, (JOGJA BERKABAR) - Menyambut Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang diperingati tiap tanggal 3 Desember, Dinas Sosial dan P3A Kabupaten Bantul menggelar Servis Kursi Roda Gratis, kegiatan ini merupakan bentuk support atau dukungan kepada  temen-temen Tim Reparasi Bengkel Kursi Roda Maju Mapan  untuk membuka pelayanan servis kursi roda gratis di Dinas Sosial Bantul. Selasa (1/12/2020).

Menurut Kepala Bidang Pelayanan dan Rehabilitasi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial Dinas Sosial P3A Tunik Wusri Arliani, S.Sos, M.S.E., Kabupaten Bantul berkomitmen dengan difabel  artinya, ketika mereka punya keinginan kita apresiasi dan kita tidak lanjuti, sehingga mereka juga memiliki kesempatan dan kemampuan yang sama dengan yang lainnya, yang berikutnya kami juga ingin memberi edukasi ke teman-teman difabel bahwa, ini kesempatan bagi semua untuk bisa mengikuti kegiatan ini untuk melakukan servis kursi roda secara gratis di sini dengan bantuan dari Bapeljamkesos DIY.

Harapan kami, momen ini bisa dimanfaatkan oleh temen-temen disabilatas yang memiliki kursi roda yang rusak untuk diperbaiki. Hal ini juga untuk mengedukasi temen-temen disabilatas yakni ketika kursi rodanya rusak, itu jangan langsung berpikiran harus ganti yang baru, walau sebenarnya masih bisa diperbaiki atau direparasi, untuk bisa difungsikan kembali seperti semula.

“ Sebelumnya ada audiensi dengan mereka, dan hari ini kita fasilitasi untuk membuka layanan bengkel secara gratis, untuk penggantian sparepart kursi roda kami menggandeng / bekerjasama dengan Bapeljamkesos DIY nantinya bila ada sparepart yang diganti, kita klaimkan ke Bapeljamkesos DIY, “ terang Tunik sapaan akrabnya.



“ Kegiatan ini mentargetkan untuk satu hari bisa melayani 5 kursi roda. Silakan temen-temen difabel jika memerlukan pelayanan servis kursi roda untuk datang ke sini. Servis kursi roda gratis, adapun untuk  sparepart senilai tidak lebih dari 45 ribu rupiah ditanggung oleh Bapeljamkesos DIY, bila melebihi ditanggung sendiri oleh pemilik kursi roda, “ ucapnya.

Selanjutnya kami juga menyarankan untuk disebarluaskan, bahwa di Bantul ada bengkel kursi roda yang mana para pebengkelnya kaum difabel juga ini yang patut  kita berikan apresiasi. Ada dua bengkel di Bantul yang akan merservis secara jemput bola juga, mereka bisa mendatangi langsung bengkel dan kursi rodanya bisa diantar ke lokasi mereka siap.

Sementara itu, Samadi Ketua Tim Reparasi Kursi Roda “ Maju Mapan “ Bantul mengatakan, bahwa bengkelnya di bawah Kemendagri, Ford Foundation, UCP, bekerjasama dengan Dinas Sosial Bantul kami mengadakan kegiatan dalam rangka HDI Tahun 2020, kami mengadakan reparasi kursi roda gratis dan secara serentak dari tanggal 1 – 6 Desember 2020 bertempat di Dinas Sosial Bantul.

Kegiatan servis gratis ini bertujuan untuk, meningkatkan taraf ekonomi tim reparasi kursi roda, sebagai ajang promosi dari Tim Maju Mapan Bantul supaya lebih dikenal secara meluas di Bantul dan sekitarnya, dan mudah-mudahan program ini semua khalayak khususnya kaum difabel mengerti, kami juga berharap usaha kami digetoktularkan (sebarluaskan) sesame difabel yang ada di wilayah Bantul.

“ Untuk bengkel kursi roda Maju Mapan Bantul 5758, ada di dua tempat yakni : Rumah Ibu Sumaryanti di Bangeran Dusun Keyongan Bantul RT 07 dan Rumah Bapak Samadi di Tingas Cepoko RT 05 Sumbermulyo Bambanglipuro (081228527493), “ kata Samadi.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.