Header Ads


2 RT Di Magirejo, Kalurahan Ngalang Kini Bebas Dari Kesulitan Air Bersih


GEDANGSARI, (JOGJA BERKABAR) - Padukuhan Magirejo merupakan kawasan yang berada wilayah perbukitan di Kalurahan Ngalang, Kapanewon Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul. Di Dusun ini ada Sumber mata air yang sempat viral diakhir tahun 2019 karena setelah selesai pengeboran, air dapat keluar sendiri tanpa mengunakan pompa dan sampai saat ini air juga masih meluap keluar dengan sendirinya. Untuk memastikan program ini berhasil Human Initiative juga melakukan pipanisasi sampai kerumah rumah warga, mengadakan pelatihan PHBS sampai dengan penyususnan AD/ART agar program dapat berlanjut terus menerus.  Sebelum adanya sumur ini warga dalam memenuhi kebutuhan air hanya mengandalkan air sungai yang ada dipinggir dusun, yang kebersihanya sangat diragukan. Pada musim kemarau biasanya masyarakat yang mampu akan membeli air bersih melaui truk tangki dan masyarakat yang kurang mampu akan mengambil sisa-sisa air yang ada di sungai.

YBM PLN, Human Initiative Yogyakarta, Air Amanah dan Januputrapasaraya menyerahkn Program Sistem Air Bersih (SAB) pada Senin (21/12) kepada warga Dusun Magirejo. 

Bantuan ini diwujudkan dalam bentuk pembangunan sistem air di Dusun Magirejo, Kalurahan Ngalang, Kapanewon Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul.

Acara peresmian dan serah terima program tersebut dilangsungkan pukul 09.00 – 12.30 WIB bertempat di Dusun Magirejo.

Diawali dengan sambutan dari Lurah Ngalang, beliau menyampaikan banyak terimakasih kepada para donatur yang telah memberikan bantuan dan kepercayaan kepada warganya untuk mengelola sumber air ini. Program SAB di Dusun Magirejo ini salah satu pemantik bagi kami dipemerintah Kalurahan terhadap program pemenuhan ketersedian airbersih khususnya di Kalurahan Ngalang. Dari keberhasilan program di Dusun Magirejo ini kami aplikasikan di padukuhan lainya agar ketersedian air bersih dapat tercukupi khususnya pada saat musim kemarau.," tutur Lurah Ngalang.

Dalam sambutannya, Agus Triyono menyampaikan "program SAB ini dapat berhasil karena adanya keterlibatan masyarakat secara aktif dalam upaya mewujudkan pemenuhan kebutuhan air bersih untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat", ungkap Kepala Cabang Human initiative DIY tersebut.

"Beliau juga berpesan agar masyarakat harus senantiasa bersyukur atas keberhasilan dalam program SAB ini, supaya air akan terus mengalir dan jangan sampai air tidak terurus dan tidak mengalir lagi karena adanya perselisihan dimasyarakat", pungkas Agus.

Sambutan dari donatur diwakili oleh Munir dari YBM PLN, beliau menyampikan "selamat kepada warga yang telah mendapatkan sumber mata air yang bagus, semoga dapat dirawat dan dimanfaatkan sebaik mungkin, dan kami mohon doanya agar YBM PLN dan para dontur diberikan kemudahan dan terus dapat berkontribusi untuk masyarakat yang lebih luas". 

Dalam sambutanya bapak Panewu Kapanewon Gedangsari juga menyampaikan "ucapan terimakasih kepada Human Initiative beserta para donatur yang telah mewujudkan mimpi masyarakat Dusun Magirejo dalam memenuhi kebutuhan air bersih", ucapnya.

"Program ini sangat bermanfaat sekali bagi warga dan khususnya bagi Kapanewon Gedangsari karena setelah masalah air dapat teratasi semoga angka kemiskinan warga juga akan berkurang dan ini juga telah menghapus air mata warga menjadi mata air karena terpenuhiny air bersih bagi masyarakat", pungkasnya.

Peresmian program SAB ini diresmikan oleh perwakilan dari dinas PUPR yang diwakili oleh ibu Yuni, beliau menyampaikan sebelum peresmian bahwa "Kepala dinas sangat mengapresiasi atas keberhasilan dalam memenuhi kebutuhan air bersih untuk masyarakat, beliau juga menyampaikan dalam anggaran tahun 2021 PUPR juga akan ikut terlibat dalam mewujudkan ketersedianan air bersih bagi warga khususnya di Kalurahan Ngalang" tutupnya.

Ucapan terimakasih disampaikan oleh salah satu anggota kelompok yang menerima manfaat ini, Sumadi. Beliau menyampaikan dengan penuh syukur, "Alhamdulilah sumur yang telah dibuat oleh Human initiative dan para donatur telah dimanfaatkan oleh 70KK di Padukuhan Magirejo. Kami ucapkan banyak terimakasih, semoga seluruh donatur diberikan kesehatan dan kelancaran dalam segala aktivitasnya. Aamiin."

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.