Header Ads


Rany Widayati : Budaya Adalah Senjata, Memanusiakan Manusia

SEMIN, (JOGJA BERKABAR) - Budaya adalah senjata untuk memanusiakan manusia, sehingga dengan manusia mempertahankan budayanya tidak di pandang remeh oleh manusia lain.

Hal itu disampaikan anggota DPRD provinsi DIY partai Golkar Rany Widayati dalam sarasehan dan penyuluhan restorasi sosial gerbang praja di Kalurahan Kalitekuk, Kapanewon Semin, Senin (16/10).

"Manusia di ciptakan yang kuasa itu dengan cipta, rasa dan karsa, sehingga dengan ketiga komponen ini manusia memiliki budaya atas dirinya," kata Rany.
Selain itu Rany Widayati juga menjelaskan bahwa dengan di tetapkan nya keistimewaan DIY seharusnya menjadi pembeda dari daerah-daerah lain di tanah Nusantara ini.

"Sebagai masyarakat Jawa yang tinggal di DIY ini kita harus memiliki pembeda dari daerah lain, sehingga perlu adanya sarasehan dan penyuluhan ini guna mengingat kan kembali pentingnya keistimewaan bagi masyarakat DIY, nek wong jowo ojo ngati ninggalke jawane, baik dari tradisi, kebudayan, bahasa dan unggah ungguh nya, karena Gunungkidul yang saya lihat adalah pemegang murni keistimewaan Yogyakarta, di mana masyarakat Gunungkidul masih memegang taat kebudayaan Yogyakarta," tambah Rany Widayati.


Ia berharap dengan adanya kesadaran yang utuh mengenai keistimewaan ini masyarakat dapat mewariskan keistimewaan kepada Generasi selanjutnya.

"Kami sebagai wakil masyarakat Gunungkidul yang ada di provinsi akan terus mendorong masyarakat Gunungkidul untuk mempertahankan budaya keistimewaan DIY dengan lebih kongkrit lagi, semisal adanya sangar-sangar dalam mempelajari aksara jawa, atau sangar tari tradisional yang menimbulkan kecintaan kepada keistimewaan Yogyakarta," imbuhnya.

(WAP)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.