Header Ads


Pemilos SMA/SMK/MA Kabupaten Bantul Tahun 2020 Resmi Di Launching Secara Virtual, Pjs Bupati Bantul Harap Siswa Tak Kaget Berdemokrasi

BANTUL, (JOGJA BERKABAR) - Rabu (04/11/2020) Penyelenggaraan launching virtual pemilos SMA/SMK/MA Kabupaten Bantul tahun 2020 berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Akibat pandemi covid-19, sebagian besar sekolah melaksanakan pemilos secara daring namun terdapat beberapa sekolah yang masih mengadakan secara luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Ketua KPU Kabupaten Bantul menjelaskan tahun ini pemilos diikuti oleh 37 SMA,48 SMK dan 17 MA baik swasta atau negeri sehingga total yang mengikuti pemilos serentak tahun 2020 ini, yaitu 102 sekolah lanjutan tingkat atas. Kabupaten Bantul sejak tahun 2011 telah melaksanakan pemilos secara serentak bagi jenjang SMA/SMK/MA secara berkelanjutan setiap tahun sehingga pada tahun 2019 yang lalu KPU Bantul mendapatkan penghargaan dari KPU RI atas inovasi pelaksanaan pemilos serentak sekabupaten Bantul.

 “Saya berharap adanya pemilos serentak akan memberikan dampak positif bagi perbaikan kualitas demokrasi khususnya bagi Bantul di masa yang akan datang” kata Didik Joko Nugroho,S.Ant.

Tujuan adanya pemilos untuk memberikan pendidikan demokrasi kepada siswa/siswi bagaimana menentukan pemimpin dengan hak suara yang dimiliki.

Dalam sambutannya, Budi Wibowo selaku Pjs. Bupati Bantul menyampaikan terdapat nilai-nilai demokratis pelaksanaan pemilos yang dilaksanakan secara serentak, seperti menghormati pemilihan yang berbeda, memberikan ruang yang sama bagi setiap siswa menggunakan hak pilihnya selain itu  mendidik untuk menggunakan pertimbangan rasional dalam menentukan calon ketua osis.

Budi Wibowo juga berpesan agar pemilos ini dapat dijadikan bekal dan wawasan agar kelak jika memilih calon pemimpin yang sebenanarnya dalam pemilu disesuaikan dengan hati nurani. 

“jangan memilih karena dikasih sesuatu tetapi pilihlah sesuai keinginan kalian, lihat rekam jejaknya ketahui dan pahami visi & misinya sehingga kalian akan memilih pemimpin yang bertanggungjawab melaksanakan programnya, dapat mewujudkan harapan rakyat serta bermanfaat bagi masyarakat dan mensejahterakan masyarakat kita.”pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.