Header Ads


Kukuhkan Jaga Warga Kabupaten Bantul , Pjs Bupati Bantul Harap Hal Ini Mampu Tumbuhkan Semangat Kebersamaan Dan Gotong-royong Antar Warga

BANTUL, (JOGJA BERKABAR) - Pjs Bupati Bantul Budi Wibowo, SH, MM kukuhkan Jaga Warga Kabupaten Bantul bertempat di Bangsal Rumah Dinas Bupati Bantul. Pengukuhan ditandai dengan penyerahan SK oleh Pjs Bupati Bantul kepada Ketua Pengurus Jaga Warga tiap dusun. Pengukuhan Jaga Warga ini merupakan realisasi dan pengaplikasian dari Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Jaga Warga.

Menurut laporan penyelenggara Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Bantul, yaitu Drs. Fatoni., keberadaan jaga warga diharapkan untuk bisa mendorong menggerakan prakarsa masyarakat dan upaya menggali, menjaga dan mengembangkan nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah sistem sosial yang ikut dalam masyarakat, melakukan mediasi penanganan dan penyelesaian gangguan sosial dalam kehidupan masyarakat serta melakukan upaya cegah diri dan deteksi dini untuk mencegah timbulnya gangguan keamanan ketertiban umum, ketentraman dan kesejahteraan masyarakat.

“Pemerintah Kabupaten Bantul bekerja sama dengan Kesbangpol DIY telah melaksanakan sosialisasi jaga warga di 219 pedukuhan,” katanya.

Sementara Pjs Bupati Bantul dalam sambutanya menyampaikan bahwa, marilah terus berdisiplin diri terutama menerapkan protokol kesehatan di era pandemi. Penerapan protokol kesehatan adalah satu hal yang harus kita lakukan apabila kita ingin memutus rantai penyebaran Covid-19.

“keamanan dan ketentraman masyarakat bukan semata mata tanggung jawab pemerintah, tetapi merupakan tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat, sehingga keberadaan jaga warga di masyarakat akan membantu tugas pemerintah dalam menjaga keamanan dan ketertiban,” jelas Pjs Bupati Bantul.

Lebih lanjut Bupati Bantul berharap, keberadaan jaga warga dapat menjadi garda terdepan dalam menciptakan situasi kondusif dan dapat membangkitkan kepedulian bersama dalam menjaga kemanan dan ketertiban yang ada di masyarakat.

“jaga warga akan menumbuhkan semangat kebersamaan dan gotong-royong antar warga, jadi tidak hanya menciptakan rasa aman, nyaman, tertib tetapi bagaimana semangat gotong-royong itu kitab bangkitkan,” pesan Pjs Bupati Bantul.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.