Header Ads


Kabar Duka : Dalang Ki Seno Nugroho Meninggal Dunia

YOGYAKARTA,(JOGJA BERKABAR) - Kabar duka datang dari seniman Yogyakarta. Dalang Ki Seno Nugroho yang populer di kalangan penikmat wayang tutup usia, pada Selasa malam, 3 November 2020. Hal itu dikonfirmasi akun resmi Twitter seni budaya Gamelan Kiai Kanjeng.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun... Donya mung ngeterke tekan pecate nyawa. Ananging derma nggandeng manungsa tekan lawange suwargonipun Gusti Allah (Dunia hanya mengantar pada kematian, tetapi derma membawa manusia sampai pintu surga Gusti Allah)," tulis akun @kiaikanjeng, pada Selasa, 3 November 2020.

Ki Seno Nugroho, lahir di Yogyakarta tanggal 23 Agustus 1972 saat ini mungkin adalah dalang wayang kulit yang memiliki banyak penggemar. Hampir setiap hari, karyanya banyak direkam atau disiarkan secara streaming melalui sejumlah akun Youtube, selalu menyedot ribuan penonton.

Mewarisi darah seni dari ayahnya, Ki Suparman yang dikenal sebagai dalang senior di Yogyakarta, Seno juga belajar mendalang di SMKI Yogyakarta.

Ki Seno meninggal pada usia 48 tahun. Almarhum menekuni dunia pedalangan sejak usia 10 tahun. Belakangan, Ki Seno dikenal aktif menayangkan pentas wayang via live streaming YouTube, membuat para penggemar wayang dari seluruh dunia dapat menyaksikan secara langsung. Selain itu, Ki Seno juga populer di kalangan anak-anak muda.

Dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube, Ki Seno mengaku mewarisi darah dalang dari sang ayah. Ayah Ki Seno adalah seorang dalang, almarhum Ki Suparman Cermo Wiyoto. Ki Seno mengaku panggilannya menjadi dalang karena terinspirasi oleh Ki Manteb Sudarsono. Pada masa remaja, Ki Seno sempat menonton aksi Ki Manteb di area Keraton Yogykarta. 

5 komentar:

  1. Innalillahi wa innalillahi rojiun sugeng tindak mugi husnul khatimah....amiiinn...!!!

    BalasHapus
  2. Innalillahi wa innaillaihi rojiun,
    Husnul khotimah, sugeng tindak sang maestro..

    BalasHapus
  3. Semoga beliau diterima disisi allah swt dan khusnuL khatimah.... AmiiiinšŸ¤²

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.