Header Ads


Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung Luncurkan Program Sistem Informasi Manajemen Kinerja (Si-Makin) Untuk Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

TEMANGGUNG, (JOGJA BERKABAR) – Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah meluncurkan program yang diberi nama Sistem Informasi Manajemen Kinerja (Si-Makin).

“Dengan Simakin itu kita membuat suatu sistem informasi dari pelaksanaan kinerja di Puskesmas, khususnya dan di Dinas Kesehatan. Tujuannya yang jelas untuk meningkatkan kinerja,” kata Kepala Dinkes Kabupaten Temanggung Suparjo, usai peluncuran Si-Makin di Aula Dinkes Kabupaten Temanggung, Jumat (13/11/2020).

Menurut dia, acuan dari sistem ini adalah data, sehingga bisa menjadi sebuah informasi yang akurat, termasuk keputusan yang diambil pun akhirnya bisa menjadi akurat. Dari Si-Makin ini nantinya data pelayanan di Puskesmas bisa diakses, seperti pengobatan, Posyandu, Poswindu dan pelayanan di lapangan. Termasuk di dalamnya adalah kegiatan preventif, seperti data Covid-19.



Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan, SDM, Pendidikan dan Kebudayaan, Tri Raharjo mengatakan, ia sangat mendukung program Si-Makin tersebut. Menurutnya, sistem ini sangat dibutuhkan, terutama untuk pelaporan data dari Puskesmas. Ia yakin Si-Makin akan semakin mempermudah proses kinerja.

“Ini sistem manajemen kinerja, ini adalah aksi perubahan yang sangat di butuhkan Kabupaten Temanggung untuk mendukung sistem data. Karena selama ini dalam pelaporan data di Puskesmas itu terkendala sistem dan data, maka melalui metode ini bisa lebih baik,” katanya.(Yoni) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.