Header Ads


121 Seniman Tampilkan Sendratari Pertapan Klamat Makukuhan

TEMANGGUNG, (JOGJA BERKABAR) – Sebanyak 121 orang seniman yang tergabung dalam komunitas seni Desa Wonosari siap menyuguhkan pertunjukan Sendratari yang akan disiarkan secara live streaming di akun youtube TemanggungTV Official.

Pagelaran yang bertajuk Sendratari Pertapan Klamat Makukuhan tersebut merupakan kegiatan yang diselenggarakan dengan pembiayaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia melalui program Fasilitasi Bidang Kebudayaan (FBK) Tahun 2020.

Ditemui di sela-sela latihan, Ketua Pagelaran Sendratari Pertapan Klamat Makukuhan Suryono (36), menjelaskan acara pertunjukan live streaming ini, melibatkan 121 orang seniman lokal yang terdiri dari 80 orang penari, 30 orang pemain musik, lima orang dalang, dan enam orang seniman teater, dengan mengolaborasikan tatanan panggung multimedia, lighting serta tata artistik yang menarik untuk mendukung pertunjukan.



“Diharapkan seluruh warga Kabupaten Temanggung khususnya, dan masyarakat Indonesia pada umumnya ikut mendukung acara tersebut dengan menonton di rumah saja, melalui akun youtube TemanggungTV Official pada hari Minggu 15 November 2020 pukul 19.30 WIB,” ungkapnya Rabu (11/11/2020).

Suryono juga menambahkan, pihak panitia sudah mempersiapkan acara tersebut dengan sebaik-baiknya.

“Termasuk dari segi pengambilan gambar video yang akan disajikan, agar masyarakat yang menonton mampu merasakan atmosfer di lokasi,” tambahnya.

Koreografer Pertunjukan Sendratari Pertapan Klamat Makukuhan, Dwi Widodo menjelaskan, pagelaran ini akan mengangkat cerita lokal supaya dikenal masyarakat terutama generasi muda

“Semoga pertunjukan tari yang menceritakan tentang perjuangan seorang tokoh Ki Ageng Makukuhan ini mampu memberikan inspirasi bagi kita semuanya,” katanya.(Agung) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.