Header Ads


Sunaryanta: Harus Ada Regenerasi Atlet di Gunungkidul

WONOSARI, (JogjaBerkabar.Com) - Pembinaan altet muda menjadi salah satu program Calon Bupati Gunungkidul, Sunaryanta disektor olahraga. Menurutnya penghargaan terhadap atlet berprestasi serta pembinaan berjenjang menjadi kunci peningkatan prestasi olahraga di Gunungkidul. Pasalnya, selama ini dalam sejumlah even, Gunungkidul kerap berada diposisi paling bawah se-DIY.

Sunaryanta mengatakan, untuk mencetak atlet berprestasi membutuhkan peran banyak pihak. Salah satu yang paling utama adalah pemerintah daerah. Menurutnya, pemerintah harus berani memberikan perhatian lebih dibidang olahraga.

"Ada banyak faktor penunjang, diantaranya sarana pra sarana, pembinaan dan reward untuk para atlet," ucap Sunaryanta, Kamis (15/10/2020).

Terkait dengan sarana pra sarana, merupakan tugas dari pemerintah. Untuk itu, dirinya memiliki program pembangunan sport center guna menampung para atlet berlatih.

"Kita harus punya sport center sebagai pusat pelatihan para atlet," ucap pria yang juga menjabat Ketua BPVSI Gunungkidul itu.

Kemudian, tahapan selanjutnya ialah dengan melakukan pembinaan atlet sejak usia dini. Dimana dirinya melihat Gunungkidul sebenarnya memiliki potensi sumber daya manusia yang luar biasa. Ditambah kondisi geografis Gunungkidul sangat mendukung untuk membentuk fisik dan stamina atlet.

"Dalam pembinaan ini juga perlu adanya penghargaan kepada mereka yang berprestasi. Bagaimana menjaga mereka agar selalu dalam trek prestasinya," kata dia.

Selain itu, tak kalah penting juga penghargaan terhadap pelatih. Diaman pelatih mempunyai peran penting dalam pembinaan atlet di Gunungkidul.

"Kalau pelatihnya bagus, nanti hasilnya juga akan bagus. Kita juga harus melakukan regenerasi atlet, biar ada kesinambungan," beber dia.  

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.