Header Ads


Sumpah Pemuda, Energi Positif Jaga Persatuan

YOGYAKARTA, (JOGJA BERKABAR) - Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengikuti acara Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020 secara virtual. Acara yang dihadiri oleh Presiden RI, Joko Widodo ini diselenggarakan di Papua Barat.

Didampingi jajaran Forkopimda DIY, Gubernur DIY mengikuti berlangsungnya acara dari Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta pada Rabu (28/10). Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-92 Tahun 2020 ini mengangkat tema 'Bersatu dan Bangkit'.

Dalam amanatnya, Presiden RI, Joko Widodo mengatakan, Sumpah Pemuda harusnya membawa energi positif yang mampu menyatukan persaingan dan perbedaan, hingga tampak jelas kepentingan dan tujuan bersama. semua masalah pun bisa diselesaikan dengan cara bersatu dan bekerja sama.


"Bersatu dan bekerja sama adalah kunci untuk mencapai Indonesia Bersatu. Upaya-upaya untuk mewujudkan persatuan harus terus kita lakukan. Menjadi Indonesia tidak cukup hanya dengan menjadi bagian dari wilayah Indonesia. Kita harus bekerja sama merawat ke-Indonesiaan dengan semangat solidaritas dan rasa persaudaraan," ungkap Jokowi.

Jokowi pun menambahkan, untuk mewujudkan Indonesia yang satu, seluruh pihak juga harus bekerja sama membangun Indonesia secara adil dan merata. Membangun Indonesia harus dari pinggiran, desa, pulau terdepan hingga perbatasan. Selain itu, pembangunan konektivitas antar wilayah antar pulau juga harus dilakukan.

"Persatuan harus terus kita perjuangkan dengan menghargai perbedaan, menjaga toleransi, serta menjaga keutuhan dan kedaulatan NKRI," imbuhnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Zainudin Amali dalam kesempatan tersebut juga mengumumkan sekaligus menyerahkan penghargaan kepemudaan. (Rt)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.