WONOSARI ,(JogjaBerkabar.Com) – Menghadapi libur panjang bulan Oktober 2020, Polres Gunungkidul menyiagakan personil untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan yang akan menuju maupun kembalinya dari arah pantai serta silaturahmi ke keluarga yang berada di Gunungkidul .

Bertempat di halaman Mapolres Gunungkidul, Polres Gunungkidul melaksanakan apel personil yang terlibat dalam Ops Zebra Progo 2020 dengan melibatkan kekuatan personil sebanyak 138 personil gabungan dari semua fungsi kepolisian.

“Sebagai kawasan yang memiliki destinasi wisata, baik wisata pantai maupun wisata alam, apalagi menjelang cuti libur panjang selama 4 hari, kita wajib mempersiapkan diri untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, supaya tidak terjadi kemacetan maupun tindakan kriminalitas."Ucap AKBP Agus Setiawan, S.I.K dalam sambutan apel kesiapan Ops Zebra Progo 2020 dan kesiapan pengamanan libur panjang.

"Saya juga mengingatkan kembali untuk rekan-rekan yang terlibat dalam pengamanan untuk betul-betul memperhatikan protokol kesehatan. " Imbuhnya. Senin (26/10/2020) 

Jajaran kepolisian di seluruh Indonesia, serentak menggelar Operasi kepolisian terpusat dengan sandi Ops Zebra. Operasi yang di gelar untuk menekan pelanggaran yang dapat mengancam keselamatan jiwa maupun kecelakaan lalulintas.

Berkaitan dengan operasi dimaksud, dan untuk menyiapkan pengamanan dalam menghadapi libur panjang, maka Polres Gunungkidul menggelar personil Operasi Zebra ke berbagai titik yang memungkinkan rawan terjadinya lakalantas, kemacetan maupun kriminalitas.

Bagi masyarakat yang ingin berwisata agar tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, saling menjaga jarak, mencuci tangan dengan air mengalir atau dengan hand sanitizer serta mematuhi rambu lalulintas maupun himbauan petugas dilapangan, demi keselamatan dan kelancaran kita bersama.

Prioritas penindakan dalam Operasi Zebra Progo 2020 adalah pengendaraa sepeda motor yang tidak menggunakan helm standar, pengemudi R-4 yang tidak mengenakan safety belt, pengemudi R-4 yang melebihi batas kecepatan, melawan arus, mengemudikan ranmor dalam pengaruh alkhohol, pengendara ranmor dibawah umur, menggunakan hp saat mengemudi kendaraan, dan gun lampu rotator/strobo.(Red)