Header Ads


Merti Bumi & Buang Sukerto, Masyarakat Gangsalan Nglindur Bersama Panjatkan Doa


GIRISUBO, (JogjaBerkabar.Com), Rabu Legi (07/10/2020) bertempat di Padukuhan  Gangsalan, Kalurahan Nglindur, Kapanewon Girisubo  digelar merti bumi dan juga "Mbuang Sukerto" Bersama seluruh elemen masyarakat Gangsalan, pemerintah Kalurahan Nglindur, lintas ormas seperti Front Jogja Rembug (FJR) ,Pemuda Pancasila (PP) , SMTourTravel, turut hadir dalam pelestarian budaya ini RM Kukuh Hestriasning Kerabat Kraton Yogyakarta beserta abdi dalem. 

Dalam kesempatan ini Supriyana Lurah Kalurahan Nglindur menuturkan bahwa kegiatan seperti ini sudah berlangsung turun temurun dan patut dilestarikan. 

"Untuk hari ini acaranya bersih dusun atau merti bumi, dilanjut genduri dan mbuang sukerto atau membuang bala / buang sial agar diwilayah Nglindur aman tentrem, tidak ada hal buruk yang datang." Papar Supriyana. 

"Jangan sampai budaya kita sendiri tergerus oleh budaya luar serta generasi muda kita wajib tau dan faham serta ikut andil dalam pelestarian. " Imbuh Supriyana. (07/10)
 

RM Kukuh Hestriasning mengajak masyarakat untuk saling bergotong royong menjaga kebudayaan asli Gunungkidul dan terus dilestarikan. 

Endra Ketua Paguyuban Pulanggeni menuturkan bahwa tidak hanya di kegiatan sosial saja Pulanggeni bersama seluruh lintas ormas seperti Pemuda Pancasila dan Front Jogja Rembuk juga harus ikut andil dalam pelestarian seni dan budaya.

Meskipun kami dari ormas yang bergerak di bidang sosial kami juga sangat menghargai budaya yang mana merupakan tinggalan para leluhur yang patut kita jaga dan lestarikan,"Jelas Huda dari FJR.

"Kami dari komunitas FJR juga harus peduli dan melestarikan budaya kita sendiri, karena kalau bukan kita para milenial siapa lagi yang ingin meneruskan estafet pelestari budaya hingga ke anak cucu kita nanti,"Tambahnya.

Hariyono Perwakilan dari Pemuda Pancasila PAC Semanu dalam kesempatan yang sama juga sangat antusias dalam kegiatan pelestarian budaya di Girisubo. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.