Header Ads


Kapanewon Playen Gelar Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Gunungkidul nomor 68 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaaan Baru (AKB) Bagi Kalurahan

PLAYEN,(JB)– Selasa (22/09/2020) di Kalurahan Ngunut Playen diselenggarakan sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Gunungkidul nomor 68 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaaan baru (AKB) protokol kesehatan pencegahan covid-19. Sosialisasi ini diikuti oleh stakeholder kalurahan se kapanewon Playen terdiri dari Lurah, Babin kamtibmas dan Babinsa, tokoh masyarakat, petugas pengawas Pemilu, relawan, RAPI dan Puskesmas.

Panewu Playen Muhammad Setyawan Indriyanto, SH, M.Si pada sambutan pembukaan sosialisasi menyampaikan bahwa adanya Perbup 68 / 2020 ini sangat membantu pemerintah kapanewon dan kalurahan dalam menata kegiatan masyarakat agar terhindar dari penularan covid-19.

“Pada sosialisasi kali ini kami mengharapkan semua pihak turut berperan membantu kelancaran setiap kegiatan yang ada di masyarakat khususnya jika ada potensi kerumunan dan  kami juga berharapa ada masukan dari peserta dalam hal pelaksanaannya secara teknis di lapangan”, ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dr. Dewi Irawaty, M.Kes yang turut hadir pada saat itu memberikan selayang pandang tentang covid-19 dan pencegahannya. Kepala Dinas Kesehatan lebih menekankan pada pentingnya peningkatan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan baik bagi individu maupun pada saat adanya kegiatan sosial dan ekonomi. Apalagi dalam waktu dekat proses Pilkada segera akan dimulai yang ini sangat berpotensi terjadinya kerumunan jika tidak dipersiapkan dengan baik sebelumnya.

“Ingat selalu 3 M, memakai masker jika beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak dan mencuci tangan”, ujarnya.

Di akhir sosialisasi Kepala UPT Puskesmas Playen 1, dr. Jolanda Barahama memaparkan kondisi kasus covid-19 di seluruh kalurahan. “Kepada para Lurah diharapkan memantau perkembangan kasus di wilayahnya masing-masing dan selalu waspada agar situasi tetap terkendali”, himbaunya.

Setelah acara sosialisasi selesai, para peserta dapat memeriksakan diri untuk tes PCR atau pengambilan swab tenggorokan yang sudah dipersiapkan oleh petugas dari UPT Puskesmas Playen 1.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.