Header Ads


Guru MIM Kenteng Kulon Progo Raih Beasiswa PKK Kemendikbud Tahun 2020

SLEMAN, (JB) - Dalam rangka mewujudkan Madrasah Berprestasi baik di bidang akademik maupun non akademik, guru MIM Kenteng mengikuti seleksi beasiswa Program PKK (Pendidikan Kecakapan Kerja) jenis keterampilan senam atas kerjasama antara Lembaga Kursus dan Pelatihan Senam Segar dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020 ini.

Rujito selaku Kepala Madrasah menyebutkan guru MIM Kenteng yang mendapatkan delegasi untuk mengikuti yakni Rizco Ardian Saputro, S.Pd dan Rita Febri Subarni. Keduanya merupakan guru yang biasa mengisi kegiatan senam anak-anak setiap hari Sabtu di madrasah ketika kegiatan KBM sekolah normal sebelum masa pandemi.

 “Mereka bersama dengan 3 delegasi dari Kulon Progo yaitu Suyati mahasiswa UAD PAI Kulon Progo, Farel dan Novita dari Sanggar Puspita Wates Kulon Progo,” ungkap beliau di Kantor MIM Kenteng.

Seleksi ini diikuti 30 orang pendaftar yang berasal dari berbagai kalangan dan latar belakang berbeda dengan rentang usia maksimal 30 tahun. Di antaranya mahasiswa, guru, ibu rumah tangga, dan wiraswasta. Program seleksi dimulai bulan Agustus kemudian bagi yang lolos seleksi mengikuti pembukaan pada hari Rabu (16/09/2020) di Studio Senam LKP Senam dan Tari di Jl. Karya Utama Gg. Kurma No,48l, Sedan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh KaBid Pendidikan Masyarakat Dinas pendidikan Kabupaten Sleman, Sri Sumiatun, PKBM Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman Ngatini dan Sukarjianto, Ketua HIPKI DPC Kabupaten Sleman Suhartoyo, Prapti Pemilik Sanggar LKP Senam Segar, staf pengajar pendamping LKP Senam Segar, peserta program pelatihan yang lolos seleksi 25 orang.

Protokol kesehatan pandemi covid-19 teta dilaksanakan yaitu dengan mencuci tangan sebelum masuk ke studio, cek suhu tubuh, memakai masker dan faceshield, serta posisi duduk yang berjarak dan pertemuan yang maksimal 2 jam sesuai dengan anjuran dari pihak Kemendikbud demi keselamatan bersama.

Dalam sambutannya Prapti selaku pengelola Studio Segar (Seni & Bugar) menjelaskan bahwa studio tersebut berdiri sejak 18 Juli 2005 yang merupakan wadah kegiatan olahraga kebugaran senam dan tari serta Pusat Pelatihan dan Kursus untuk mencetak tenaga kerja Profesional dibidang Instruktur Kebugaran Senam Aerobik dan Tari sebagai pemandu kebugaran senam dan tari rekreasi di masyarakat secara aman, terarah dan diakui secara legal baik secara nasional dan ASEAN. 

“Kami melaksanakan pelatihan secara teori dan praktik secara tepat guna dan sistimatik bekerja sama dengan DISPORA Bidang Pemberdayaan, Pendidikan non Formal dan Informal agar memiliki keterampilan khusus, pengetahuan dan sikap yang dibutuhkan dalam memasuki dunia kerja baik sebagai tenaga kerja (Instruktur Senam dan Tari) maupun usaha mandiri (Sanggar Senam dan Tari) dengan penghasilan yang semakin layak,” jelasnya.

KaBid Pendidikan Masyarakat Dinas pendidikan Kabupaten Sleman Sri Sumiatun mengungkapkan bahwa Studio Segar memberikan pembelajaran yang inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, memberi ruang untuk prakarsa dan kreatif, serta membangun jiwa kemandirian sesuai bakat, minat dan perkembangan peserta didik berdasarkan pengamatan langsung,” ungkap Sri.

“Besar harapan kami bahwa untuk beasiswa program ini fokus pada Kursus Pelatih Senam Level Dasar dan Level Terampil, Program Pelatihan/Workshop YOGAPILATES bagi instruktur.senam kebugaran, Sebagai Tempat Uji Kompetensi Nasional (TUK) yang didukung oleh pengelola sebagai Penguji Kompetisi Nasional (Acessor),” tambah Ketua HIPKI DPC Kabupaten Sleman, Suhartoyo.

Kegiatan ditutup dengan penampilan dari kakak angkatan sebelumnya yaitu yogapilates, senam steprobic atau senam dingklik dan ramah tamah yang diisi dengan tanya jawab serta foto bersama di akhir sesi. (ras)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.