Header Ads


Peran Perempuan Sangat Penting Dalam Pembangungan, Kalurahan Nglindur Girisubo Dukung Peningkatan SDM

 


GIRISUBO,(JB) - Perempuan perlu meningkatkan perannya dalam pembangunan di desa. Hal ini penting seiring dengan implementasi undang undang desa dan mengucurnya dana desa sehingga semakin banyak orang menyadari mengenai kewenangan desa berdasarkan hak asal usul dan kewenangan Kalurahan berskala lokal. 

Supriyana Lurah Kalurahan Nglindur ,Kapanewon Girisubo menjelaskan bahwa Perwujudan dua kewenangan ini bisa mendorong gerakan Kalurahan menuju Kalurahan yang sejahtera.  Peran perempuan dalam pembangunan Kalurahan akan meningkatkan peluang perempuan itu sendiri agar bisa teratasi persoalannya melalui proses pembangunan Kalurahan . Proses pembangunan yang berjalan harus mewadahi aspirasi dan kebutuhan perempuan.

"Kalurahan akan support terus kegiatan perempuan tidak hanya wacana saja, seperti kita bentuk Kelompok Parentting sebagai media pembelajaran para perempuan di Kalurahan Nglindur juga pembentukan usaha lainnya yang membuat para perempuan terus belajar dan berusaha untuk berkembang lebih mandiri."ungkap Supriyana Lurah Nglindur kepada Jogja Berkabar.(14/08/2020)

Muhammad Thonthowi Tenaga Ahli Madya Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pembngunan Partisipatif DIY Mengatakan bahwa pada bagian lain perempuan juga perlu melibatkan diri dalam proses politik dan pembangunan di desanya. Ini penting agar perempuan bukan sekedar menjadi sasaran pembahasan dan obyek pembangunan semata. 

"Pembangunan bukan hanya semata fisik saja akan tetapi Peningkatan kapasitas dan kemampuan warga desa juga perlu memberi afirmasi bagi perempuan. Misalnya memberi kuota bagi perempuan sekian persen untuk peserta pelatihan, diskusi, seminar dan kegiatan peningkatan kapasitas lainnya yang diselenggarakan oleh pemerintah desa. Peningkatan kapasitas juga bisa disediakan dengan mempermudah akses informasi, bahan bacaan, ruang diskusi, capacity bulding, menyelenggarakan workshop, dan lain sebagainya."imbuh Muhammad Thonthowi.

"Ini sangat bagus karena Pemerintah Kalurahan berkomitmen penuh atas program pembangunan fisik maupun pembangunan SDM Masyarakat umum khususnya perempuan."pungkasnya.(Hari)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.