Header Ads


Cegah Penyebaran Covid - 19 Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul Lakukan Tes PCR Kepada Seluruh Pegawai

WONOSARI,(JB) – Selasa (11/08/2020) Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul menyelenggarakan pengambilan swab massal untuk pemeriksaan tes PCR yang berlangsung di halaman kantor Dinas Kesehatan. Tes PCR ini dilakukan kepada seluruh pegawai baik PNS maupun THL (tenaga harian lepas). Pelaksanaan kegiatan ini disaksikan langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunungkidul, dr. Dewi Irawaty, M. Kes.

Di sela-sela kegiatan dr. Dewi menjelaskan pemeriksaan tes PCR massal ini bertujuan sebagai skrining bagi seluruh pegawai kesehatan, karena mempunyai risiko tinggi terhadap penularan Covid-19. Beberapa tugas yang berisiko tinggi antara lain tracing kontak, memeriksa / tes rapid dan mengambil spesimen swab, antar jemput pasien dengan ambulan, desinfeksi lokasi perawatan pasien, dan sebagainya. 

“ Hari ini pengambilan sampel swab disiapkan untuk 114 orang pegawai, seluruhnya yang ada di Dinas Kesehatan, sedangkan pegawai puskesmas se Gunungkidul sudah dilakukan beberapa waktu yang lalu”.imbuh Dr. Dewi. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P), dr. Sumitro, M.Sc yang juga turut menjadi petugas pengambilan swab mengatakan swab massal ini sangat bermanfaat untuk petugas dan juga untuk masyarakat. Masyarakat menjadi yakin bahwa petugas-petugas yang melayani masyarakat dan turun ke lapangan semuanya bebas Covid-19.

Kepala Seksi Surveilan dan Imunisasi, drg. Niken Widyawati kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari Pemerintah Pusat agar kita mendeteksi dan mencari penderita covid-19 secara massif dan progresif, semakin cepat ditemukan semakin cepat ditangani dan semakin kecil penularannya.

Para pegawai Dinas Kesehatan terlihat sangat antusias untuk mengikuti skrining massal ini. Ini juga dapat menjadi contoh bagi masyarakat dan berbagai pihak bahwa pemeriksaan swab atau tes PCR mudah dilakukan, aman dan sangat bermanfaat.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.