Header Ads


5 Kuliner Ekstrim di Gunungkidul Yang Digandrungi Banyak Orang


GUNUNGKIDUL,(JB) - Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah tidak mencicipi kuliner khas nya. Terlebih jika berkunjung ke Gunungkidul di Yogyakarta yang terkenal dengan deretan kuliner khas yang terbilang ekstrem, Mmlai dari ulat, laron hingga belalang. Meski tergolong ekstrim, beberapa pelancong berpergian ke Gunungkidul karena penasaran akan rasanya. Berikut ini adalah beberapa kuliner ekstrim di Gunungkidul, Yogyakarta.

1.Belalang goreng

Belalang goreng merupakan salah satu kuliner ekstrem yang populer dan terkenal di Gunung Kidul. Anda dapat menemukan belalang goreng ini di sepanjang pinggir jalan provinsi Yogyakarta dan Gunung Kidul. Belalang goreng memiliki rasa gurih dan lezat, menyerupai rasa udang. Serta memiliki kandungan protein yang baik untuk tubuh.

2.Kepompong daun jati

Masyarakat setempat mengolah kepompong daun jati menjadi beragam jenis makanan, mulai dari digoreng, dipepes hingga ditumis. Kepompong daun jati memiliki kandungan yang kaya akan protein, mineral, vitamin, lemak dan karbohidrat.

3.Laron

Laron berasal dari rayap yang bermetamorfosis sehingga berubah menjadi memiliki sebuah sayap. Laron ini biasanya hanya muncul di saat musim hujan tiba. Laron biasanya dimasak kukus dan diberi parutan kelapa atau dijadikan rempeyek.

4.Puthul goreng

Puthul merupakan kumbang yang menyerang tumbuhan saat musim penghujan di Gunung Kidul. Warga setempat biasanya mengolah puthul menjadi cemilan yang digoreng garing. Puthul sendiri memiliki tekstur keras dengan rasa gurih dan kaya protein.

5.Ungkrung trembesi

Ungkrung atau ulat pohon trembesi merupakan kuliner ekstrem lainnya di Gunung Kidul. Ungkrung trembesi dapat diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti digoreng, dibacem dan ditumis. Selain itu, ada juga menjadikkannya serundeng yang dicampur dengan parutan kelapa. Ungkrung trembesi memiliki rasa kenyal dan gurih, namun ketika telah berubah jadi kepompong teksturnya akan berubah menjadi lembek.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.