Header Ads


SOP New Normal Diharap Kembalikan Pariwisata Di Yogyakarta

SLEMAN, (JB) - Standard Operating Procedure (SOP) tatanan hidup baru atau new normal bagi pelaku pariwisata di DIY mulai disimulasikan. SOP tatanan hidup baru ini diharapkan mampu mengembalikan kondisi pariwisata DIY seperti sedia kala.

Simulasi SOP kali ini dilakukan Dinas Pariwisata untuk penyedia layanan hotel dan restoran. Simulasi dilakukan di Restoran Abhayagiri dan Hotel Sahid Yogyakarta. Sekretaris Dinas Pariwisata DIY, Titik Sulistyani saat membuka Pendampingan dan Simulasi New Normal kepada Hotel dan Restoran di DIY di Restoran Abhyagiri mengatakan, SOP yang sudah dibuat diharapkan bisa dijalankan oleh semua pelaku pariwisata di DIY.


“Kita memang harus mulai menerapkan dan melaksanakan SOP ini karena sudah menjadi penting bagi kita semua untuk mengutamakan kesehatan. Dan kita tahu, pariwisata menjadi yang sangat terdampak dengan adanya pandemi ini,” ujar Titik pada Selasa (23/06).

Titik menambahkan, tatanan baru ini diharapkan bisa mengundang para wisatawan untuk datang berkunjung ke Yogyakarta lagi. Pihaknya pun berharap dengan adanya kondisi new normal nantinya, tidak memunculkan klaster-klaster baru di destinasi wisata.

“Bulan Juli 2020 ini, rencananya ada beberapa destinasi wisata yang akan dibuka sebagai tahapan uji coba. Mudah-mudahan pariwisata DIY bisa kembali bangkit dan semua destinasi wisata nantinya bisa dibuka kembali," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Eka Priastana Putra mengatakan, kondisi saat ini merupakan tantangan bagi para pelaku jasa pariwisata di DIY sebagai penyumbang kontribusi besar bagi daerah, termasuk menyerap banyak tenga kerja.

“Karena itu new normal ini selain sektor keaehatan yang prioritas, selanjutnya sektor perekonomian yang mau tidak mau harus segera kita siapkan. Yang jadi tantangan selanjutnya, bagaimana konsistensi melaksanakan SOP ini bisa dipelihara sampai pandemi dinyatakan berakhir,” paparnya.

General Manager Restoran Abhyagiri, Andhu Pakerti mengatakan, pihaknya tentu akan menerapkan SOP ini sebagai jaminan rasa aman dan nyaman bagi tamu selama pandemi ini. Ke depan, ia pun berharap terus ada pendampingan dan masukan dari pemerintah daerah guna meningkatkan kenyamanan pengunjung. (Rt)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.