Header Ads


Inovasi Pertanian dari KWT Ngudi Rejeki Padukuhan Gedong, Sawahan

PONJONG,(JB) - Kelompok Wanita Tani (KWT) Ngudi Rejeki Padukuhan Gedong, Desa Sawahan melakukan inovasi pertanian dengan memanfaatkan lahan pekarangan untuk berbagai kegiatan usaha pertanian.

Setelah mendapatkan fasilitasi dan berbagai pelatihan dari Dinas Pertanian D.I Yogyakarta, para anggota kelompok KWT Ngudi Rejeki Padukuhan Gedong memulai mengembangkan usaha penumbuhan bibit sayuran dan empon-empon, seperti cabe, terong, jahe merah, laos, dan masih banyak lainnya.

KWT Ngudi Rejeki mendapatkan bantuan permodalan senilai Rp. 50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) yang dimanfaatkan untuk pembuatan rumah bibit, demplot, pengadaan alat dan bibit, pemasaran, program P2L (Pekarangan Pangan Lestari), dan sebagainya.

Titik Purwantiningish, Ketua KWT Ngudi Rejeki mengatakan bahwa program inovasi pertanian dari KWT Ngudi Rejeki dilaksanakan untuk memberikan keanekaragaman menu keluarga sehingga nutrisi dan gizi keluarga bisa terpenuhi dengan baik. Selain itu, kegiatan KWT juga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian keluarga.(02/06/2020) 

Titik menjelaskan bahwa proses pembibitan saat ini telah dilaksanakan sehingga bibit sayur dan empon-empon siap dijual pada masa tanam tahun ini. Harapannya, potensi dan sumber daya yang ada di Padukuhan Gedong ini benar-benar mampu mendorong peran wanita dalam pembangunan terutama di bidang pertanian. (Catur Surawan)


Buka juga SID Desa Sawahan klik disini

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.