Header Ads


Berita Gembira Untuk Para Pendaki : Jalur Pendakian Gunung Sumbing Segera Dibuka

MAGELANG, (JB) - Kabar gembira untuk para pendaki gunung yang rindu bertualang. Dalam waktu dekat, jalur pendakian Gunung Sumbing dari basecamp Dusun Butuh Kecamatan Kaliangkrik Kabupaten Magelang, segera dibuka kembali.

"Kita sudah bersiap menuju "New Normal". Tinggal menunggu instruksi dari Pemerintah Kabupaten Magelang, dalam hal ini Dinas Pariwisata," tutur kadus Butuh, Lilik Setyawan, Selasa (9/6/2020).

Dusun Butuh yang merupakan dusun tertinggi di Kaliangkrik, ditutup sejak April lalu, untuk mencegah penyebaran covid-19. Dusun ini banyak didatangi pendaki dan wisatawan karena tempatnya yang terpencil namun memiliki keindahan luar biasa. Dusun ini juga sering dijuluki sebagai Nepalnya Magelang.

Menurut Lilik, saat ini Dusun Butuh sudah bersiap menuju New Normal. Hanya saja, orang yang masuk dusun ini harus memenuhi protokol kesehatan.

Khusus untuk pendaki, selain memenuhi protokol kesehatan seperti mencucui tangan pakai sabun, hand sanitizer, masker, juga ada persyaratan lain yang harus dipenuhi. Antara lain, membawa surat kesehatan dari puskesmas/bidan rujukan basecamp.

"Untuk sementara harus rapid test, namun kami berharap bisa dinego hanya dengan membawa surat keterangan sehat biasa," kata Lilik yang juga Koordinator Forum Pengelola Gunung sumbing (FPGS).

Selain itu, pendaki sedang tidak flu, batuk atau demam. Membawa alat makan secara perorangan. Membawa kartu identitas untuk satu orang satu identitas.

Juga disertai dengan surat jalan di kantor desa asal disertai jumlah personil dan nama lengkap sesuai identitas, tenda kapasitas empat hanya boleh untuk dua orang.

"Untuk yang menginap di basecamp kami batasi," tegasnya.

Perlengkapan pendakian dan prosedur basecamp yang sudah ada tetap berjalan.(Red

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.