Header Ads


Bertepatan dengan Hari Buruh , Satu Lagi Pasien Positif Covid-19 di Kabupaten Magelang Dinyatakan Sembuh


MAGELANG,(JB) - Bertepatan dengan Hari Buruh 1 Mei 2020, satu lagi pasien positif korona di Kabupaten Magelang dinyatakan sembuh. Sehingga total hingga Sabtu (2/5/2020), ada tiga pasien positif di wilayah ini yang berhasil sembuh dari 19 pasien terkonfirmasi positif.

"Dan kita  berharap semuanya akan sembuh juga," kata Juru Bicara Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi.

Pasien positif korona yang sembuh kemarin, diketahui merupakan warga Desa Kebonrejo, Kecamatan Salaman. Ia terkonfirmasi positif, sepulang dari luar negeri pada 30 Maret lalu. Ia bekerja sebagai ABK (anak buah kapal) di Kapal Norwegian Encore. Ia dinyatakan positif korona dari hasil swab pada 1 April 2020, kemudian dilakukan isolasi mandiri secara ketat di bawah pengawasan petugas kesehatan Puskesmas Salaman 1 dan Satgas Covid-19 Kecamatan Salaman serta Desa Kebonrejo.

Saat dilakukan swab pada 17 April kemarin, ia telah dinyatakan negatif. Namun sesuai protokol kesehatan, bisa dikatakan sembuh apabila pasien sudah melakukan uji swab yang kedua. 

"Pada tanggal 1 Mei 2020 hasil uji swab yang kedua dari BBTKL PP Yogyakarta, menunjukkan hasil negatif, sehingga yang bersangkutan dinyatakan 'clear' sembuh dari Covid-19," imbuhnya.

Sementara perkembangan Covid-19 hingga Sabtu (2/5/2020) pukul 15.00, diketahui jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 24 orang. Terdiri dari 25 data kemarin, ditambah 2 PDP baru dari Kecamatan Mertoyudan dan Bandongan. Namun demikian ada tiga PDP sembuh, yakni dari Kecamatan Candimulyo, Pakis dan Kecamatan Salam. 

"Untuk PDP meninggal masih tetap 18 dan yang terkonfirmasi positif ada dua yang meninggal," jelasnya. 

Sedangkan total PDP yang sembuh, lanjut Nanda, saat ini telah mencapai 97 orang. Terdiri dari 94 orang data kemarin, ditambah tiga terbaru. 

"Untuk terkonfirmasi positif, kini ada 19 orang. Sebanyak 16 dirawat di rumah sakit dan tiga isolasi mandiri dengan pengawasan ketat dari petugas kesehatan. Untuk yang sembuh, bertambah satu sehingga total ada tiga orang. Terakhir yang sembuh, warga desa Kebonrejo Kecamatan Salaman," ungkapnya.(Red)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.