Header Ads


Kemenag Gunungkidul Salurkan 380 Paket Sembako


WONOSARI,(JB)- Kemenag Gunungkidul mengadakan bakti sosial penyaluran zakat melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Gunungkidul berupa sembako sebanyak 380 paket di halaman kantor setempat , Rabu (8/4/2020).
Kepala Kankemenag Gunungkidul Aidi Johansyah dan Kasubbag TU Arief Gunadi didampingi Penyelenggara Zakat dan Wakaf Sri Sugiyanti menyerahkan secara simbolis zakat kepada Kepala KUA Wonosari Sabit Mustamil dan Kepala MIN 4 Gunungkidul Susiyati.
Aidi menjelaskankan bakti sosial ini merupakan tindak lanjut dari imbauan Menteri Agama terkait percepatan pendistribusian zakat. 
“Alhamdulillah UPZ Kemenag pada hari ini mengadakan pendistribusian 380 sembako untuk diserahkan kepada masyarakat yang membutuhkan, sebagai jaring pengaman sosial,” ungkapnya.
Terkait penanganan Covid-19, Aidi menjelaskan sesuai edaran Kemenag, untuk pelayanan di KUA, masyarakat diimbau untuk menunda pelaksanaan nikah hingga usai masa musibah ini. 
“Untuk pelaksanaan sosial keagamaan dilakukan sesuai protokol yang ditetapkan pemerintah,” terang Aidi.
Ditambahkan, Kemenag Gunungkidul akan menyosialisasikan Edaran Menteri Agama Nomor 6 Tahun 2020 tentang Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H. “Pada suasana keprihatinan ini, kita  menunda kegiatan kemasyarakatan maupun jemaah, seperti salat tarawih diimbau untuk dilaksanakan di rumah,” imbuhnya.
Aidi berharap masyarakat dapat melaksanakan imbauan pemerintah, Majelis Ulama Indonesia maupun Kementerian Agama. 
“Secara batiniah kita mendekatkan diri pada Allah untuk berdoa bersama-sama, semoga musibah ini segera berlalu. Dengan adanya musibah ini, bukan berarti kita semakin menjauhkan diri dari sosial, tetapi sebenarnya ini sarana untuk saling mendekatkan diri dengan model yang lain, misalnya memberi bantuan dengan sembako atau lainnya,” pungkas Aidi. (and)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.