Header Ads


MTsN 5 Gunungkidul Terapkan Protokol KBM Online Dalam Rangka Pencegahan Covid-19

NGAWEN, (JB) - Berdasarkan ketentuan dalam Surat Edaran Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY nomor B-1006/Kw.12.1/4/HM.01/03/2020 pada (18/3/2020), siswa madrasah diperkenankan untuk belajar dari rumah melalui pembelajaran online dengan tetap diberikan target pembelajaran dan tugas yang dievaluasi oleh Guru sesuai dengan kurikulum yang ada. Merespons hal ini, MTsN 5 Gunungkidul (Madsalim GK) mulai memberlakukan pembelajaran online sejak (19/3/2020) lalu. 


"Bapak ibu guru mohon segera menyiapkan pembelajaran online, melalui WA dan media lain. Karena ini adalah tugas dan kewajiban guru akibat diterapkannya Work From Home (WFH)," ujar kepala Madsalim GK, Dedy Mustadjab, saat rapat koordinasi khusus pencegahan Covid-19, Kamis (19/3/2020).

Demi kelancaran pembelajaran online, Madsalim GK membuat protokol pelaksanaan pembelajaran online. Bertujuan untuk menjamin kelancaran proses KBM online sehingga kewajiban mengajar guru tetap terfasilitasi dan hak siswa mendapat pengajaran tetap terpenuhi. Protokol pelaksanaan pembelajaran online terdiri dari 5 poin.

Pertama, media informasi dan komunikasi paling utama antara guru dan siswa adalah grup WhatsApp per tingkatan kelas. Kedua, jadwal pembelajaran disusun sedemikian rupa untuk efektivitas dan efisiensi waktu, memfasilitasi seluruh mapel dan seluruh kelas. Ketiga, penyampaian materi pembelajaran oleh guru bisa berbasis foto, audio maupun video, dapat dikemas dalam bentuk poster, file dokumen Word/Excel/Powerpoint, pesan audio, rekaman audio, rekan video, dan sejenisnya. 


Selanjutnya, guru memberikan tugas dan melakukan dokumentasi penilaian atas tugas siswa, melalui tugas langsung maupun tugas online (google form, kuis online atau google classroom). Terakhir, guru agama bekerjasama dengan guru BK tetap memberikan motivasi dan melakukan pemantauan terhadap kegiatan ibadah siswa selama di rumah. (nes)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.