Header Ads


Kampung Keteb Destinasi Wisata Pendidikan Kebumen

KEBUMEN,(JB) - Bupati KH Yazid Mahfudz, Minggu kemarin (1/3), meresmikan Kampung Keteb di Dukuh Nusatutub RT 03 RW 06 Desa Jatijajar Kecamatan Ayah. Konsep wisata yang satu ini sekilas tak jauh berbeda dengan wisata lainnya yang mulai banyak dibuka, seperti Pasar Jaten di Krakal, Alian atau Pasar Pereng Kali di Kemit, Kecamatan Karanganyar. Yang berbeda, Kampung Keteb juga mencoba mengangkat eduwisata atau wisata pendidikan di dalamnya. 

Dijelaskan Bupati Yazid Mahfudz, pemerintah kabupaten akan mendukung majunya wisata di Kebumen. Apalagi jika itu bisa mendorong semakin meningkatnya pertumbuhan ekonomi masyarakat. Bupati juga berjanji akan membantu melakukan promosi sehingga wisata Kebumen kian dikenal masyarakat luar daerah.  

"Kampung Keteb salah satu destinasi wisata pendidikan. Oleh karenanya kita akan bantu promosi," kata Yazid Mahfudz. Bupati juga menegaskan, Pemkab akan terus mendorong pertumbuhan industri pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat.  

"Ke depan kekuatan ekonomi ada di desa. Bahkan, desa menjadi ujung tombak pembangunan nasional. Makanya kita dorong agar tiap desa punya potensi sendiri." imbuhnya. 

Tawarkan Kuliner Permainan dan Spot Alam Tepi Sawah Menyadari banyaknya wisata yang menawarkan konsep serupa, Kampung Keteb  mencoba memberikan hal lain yangberbeda. Selain spot berupa keindahan alam yakni pemandangan areal persawahan, Kampung Keteb juga menawarkan kuliner khas Jatijajar yang enak di lidah dan nyaman di kantong. 

Aneka kuliner itu cukup istimewa karena bisa dinikmati di sejumlah gazebo yang ada di tepi sawah. Untuk membelinya menggunakan mata talen, yakni mata uang yang terbuat dari tempurung kelapa. Adapun nilai tukar 1 talen sama dengan Rp 2 ribu. Selain itu, juga ada wahana permainan anak tradisional, seperti egrang, kuda-kudaan, mobil-mobilan. Kemudian, pengunjung yang datang juga bisa mengikuti kelas latihan gamelan gratis. 

Dijelaskan Ketua Pengelola Kampung Keteb, Muhtar Fauzi, ia merangkul banyak pihak, salah satunya paguyuban dalang kecamatan Ayah dan warga sekitar untuk mewujudkan Kampung Keteb sebagai destinasi yang menarik dan punya ciri khas.  

"Kita sudah kerjasama dengan paguyuban dalang Kecamatan Ayah dan tentu saja warga untuk bersama-sama membangun wisata ini." sambungnya. 

Para pengunjung selain bisa menikmati kuliner dengan pemandangan alam khas pedesaan, juga bisa belajar bertanam dengan metode hidroponik. 

Selain itu pengunjung juga bisa menikmati fasilitas kolam renang keluarga. Selain bisa menjadi daftar obyek wisata pilihan keluarga, Kampung Keteb juga juga bisa menjadi pilihan bagi anda yang akan mengadakan kegiatan outbond. 

Dibukanya wisata Kampung Keteb, jelas memberi warna baru bagi Kebumen yang tengah giat mempromosikan wisata dan segala potensi yang ada.  (dp)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.