Header Ads


Ajak Lawan Covid 19, POWGK Gelar Aksi

GUNUNGKIDUL, (JB) - Fenomena merebaknya virus covid 19 (corona) sangat memukul industri pariwisata Gunungkidul. Keresahan dan kepanikan masyarakat terjadi di mana-mana, fasilitas pemerintah untuk menunjang program preventif penyebaran virus sangat minim, kelangkaan masker dan hand sanitizer di pasaran kalopun ada yang jual itupun harganya sudah melambung tinggi. Kepanikan di masyarakat kita sedikit banyak banyak dipengaruhi oleh maraknya informasi yang beredar di sosial media khususnya di facebook yang berisi informasi korban corona dan banyaknya informasi hoax tentang corona.

POWGK yang merupakan komunitas para pecinta pariwisata Gunungkidul yang berbasis di group FB Pecinta Objek Wisata Gunungkidul (POWGK) berdiri tahun 2011 lalu dengan anggota sebanyak 61ribu lebih dengan statistik postingan dan respon komentar mencapai 1000 lebih dalam 1 bulan terakhir dan beralamat https://www.facebook.com/groups/wisatagunungkidul/ . 

Eko Wahono Koordinator Kegiatan menceritakan bahwa kegiatan ini dimotori oleh Tim admin Group POWGK dan didukung oleh para aktifis POWGK yang berpusat di Gunungkidul maupun aktifis korwil POWGK di luar kota berinisiatif untuk menyebarkan dan mengobarkan semangat melawan virus corona dengan memberikan informasi positif seputar langkah pencegahan penyebaran virus corona sesuai arahan instansi terkait, mengajak pola hidup sehat, informasi pasien corona sembuh dsb. POWGK berkomitmen bersama para aktifisnya untuk tidak menjadi bagian dari faktor penyebab keresahan dan kepanikan di masyarakat dengan tidak menshare berita/info korban corona untuk meminimalisir timbulnya kengerian dan kepanikan di masyarakat.

"Selain itu para aktifis POWGK juga mengagendakan program CHARITY POWGK 2020 POWGK PEDULI, POWGK LAWAN CORONA sebagai upaya mendukung program pemerintah dan membantu masyarakat Gunungkidul yang membutuhkan dengan kegiatan bakti sosial bagi-bagi masker dan hand sanitizer gratis."imbuh Eko Wahono. (22/03/2020)

Langkah awal program CHARITY POWGK 2020 POWGK PEDULI, POWGK LAWAN CORONA yang dilakukan adalah dengan menggalang dana bantuan di sosial media facebook yang diposting https://www.facebook.com/groups/wisatagunungkidul/announcements/ 

Tim Relawan menerima sumbangan donasi berupa uang tunai yang bisa ditransfer melalui rekening penampung Tim Relawan POWGK di BCA a/C 6140349079 an Vitria Yuli Purwanti dan sumbangan bantuan barang berupa masker dan hand sanitizer. Untuk sumbangan bantuan uang tunai akan dibagikan kemasyarakat seluruhnya dalam bentuk masker dan hand sanitizer.

Eko Wahono menjelaskan bahwa pembagian masker dan hand sanitizer gratis digendakan pada hari Minggu, 5 April 2020 di lokasi strategis di kota Wonosari Gunungkidul. Adapun jam dan lokasi tepatnya sengaja tidak ditentukan dan dipublish untuk menghindari animo tinggi masyarakat untuk mendapatkan masker dan hand sanitizer gratis dan meminimalisir konsentrasi masa, dan pembagian akan dilakukan oleh Tim relawan POWGK secara langsung di lokasi tertentu. Adapun jam H dan lokasi akan dipublish bertepatan dengan pelaksanaan kegiatan, yang mana bila dipublish awal dikuatirkan menimbulkan konsentrasi masa antri yang justru berpotensi resiko dan rawan penyebaran virus corona.

Tim Relawan mengajak semua pihak untuk bersama-sama untuk peduli dan berbagi dalam program CHARITY POWGK 2020 POWGK PEDULI, POWGK LAWAN CORONA. 
Setiap donasi/sumbangan yang masuk akan dipublish di group sebagai bentuk pertanggungjawaban Tim Relawan POWGK terhadap publik. Tim Relawan POWGK berkomitmen untuk tertib administrasi, transparan, akuntable dan amanah. Bilamana ada yang perlu diinformasikan lebih lanjut bisa menghubungi admin POWGK melalui inbok atau telp/WA 08170826433. (Hari) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.