Header Ads


Tumbuhkan Kesadaran Wisata , KKN 16 Universitas Veteran Bangun Nusantara 2020 Adakan Sosialisasi

SEMIN, (JB) - Sabtu pagi (15/2/2020) digelar di Dusun Kalangan , Desa Kalitekuk, Kecamatan Semin yaitu Sosialisasi Masyarakat Sadar Wisata dan dihadiri oleh Masyarakat Padukuhan Kalangan serta Pemerintah Desa Kalitekuk, acara ini di inisiatori oleh Mahasiswa (Kuliah Kerja Nyata) KKN 16 Universitas Veteran Bangun Nusantara 2020 dengan menghadirkan narasumber Mahatva Yoga Adi Pradana S.Ip.,M.Sos

Waluya Kepala Desa Kalitekuk dalam sambutannya sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini dan berharap setelah kegiatan ini setiap lini masyarakat dan pemerintah mampu sadar dan bersinergi saling dukung dan bergerak bersama untuk memajukan desa terutama dibidan wisata.(15/02)

Dalam sosialisasi ini ditekankan tentang kesadaran masyarakat terhadap wisata dan juga tentang prinsip sapta pesona. Makna logo Sapta Pesona dilambangkan dengan Matahari yang bersinar sebanyak 7 buah yang terdiri atas unsur Kemanan, Ketertiban, Kebersihan, Kesejukan, Keindahan, Keramahan, dan Kenangan. Tujuan diselenggarakan program Sapta Pesona adalah untuk meningkatkan kesadaran, rasa tanggung jawab segenap lapisan masyarakat, baik pemerintah, swasta maupun masyarakat luas untuk mampu bertindak dan mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Sapta Pesona merupakan kondisi yang harus diwujudkan dalam rangka menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah atau wilayah di Negara kita. Sapta Pesona terdiri dari tujuh unsur yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah tamah dan kenangan. Kita harus menciptakan suasana indah dan mempesona, dimana saja dan kapan saja. Khususnya ditempat-tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dan pada waktu melayani wisatawan.

Dengan kondisi dan suasana yang menarik dan nyaman, wisatawan akan betah tinggal lebih lama, merasa puas atas kunjungannya dan memberikan kenangan indah dalam hidupnya

Sapta Pesona dan tujuan pelaksanaanya begitu luas dan tidak untuk kepentingan pariwisata semata. Memasyarakatkan dan membudidayakan Sapta Pesona dalam kehidupan sehari-hari mempunyai tujuan yang jauh lebih luas, yaitu untuk meningkatkan disiplin nasional dan jati diri bangsa yang juga akan meningkatkan citra baik bangsa dan Negara.

Suroyo Dukuh Kalangan dalam kesempatan ini juga berharap setelah adanya sosialisasi ini masyarakat lebih faham dan mengerti bahwa wisata itu harus ada inisiator harus ada motornya yaitu masyarakat itu sendiri karena wisata yang berbasiskan masyarakat itu lebih bagus .(Hari)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.