Header Ads


Pentingnya Legalitas Ormas Untuk Jaga Keutuhan NKRI

KULON PROGO, (JB) - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kulon Progo mengadakan pembinaan terhadap Organisasi kemasyarakatan (Ormas), tentang peran Ormas dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, serta memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk lebih waspada kepada ormas yang kurang baik. Acara tersebut diadakan di Ruang Sermo kompleks Pemkab Kulon Progo, Rabu (12/2/2020).

Acara tersebut dihadiri oleh 23 Ormas yang terdaftar di Badan Kesbangpol Kabupaten Kulon Progo, turut hadir narasumber dari Kodim 0731 dan Polres Kulon Progo.

Dalam arahanya Kapolres Kulon Porgo, AKBP Tartono, S.H., M.B.A mengatakan perihal acara ini untuk membantu dan mengawasi masalah masyarakat.

“Organisasi yang saling toleran dapat menonjolkan kebersamaan, dan diharapkan untuk dapat membantu mengawasi kehidupan masyarakat sehingga membuat Kulon Progo menjadi lebih istimewa,” ujar Tartono.

Sosialisasi Ormas tersebut diharapkan mampu memberi pemahaman mengenai legalitas ormas karena banyak munculnya fenomena Ormas yang meresahkan masyarakat.

Seperti yang disampaikan Kapolres Kulon Progo bahwa kepolisian mencatat ada 123 ormas diseluruh Kulon Progo, Sejumlah 46 ormas terdaftar legalitasnya dan sisanya masih tercatat sebagai Ormas yang belum melakukan legalitas.

Sementara itu Komandan Kodim 0731, Letkol Dodit Susanto, A.md. mengatakan ormas dapat membantu meningkatkan kualitas masyarakat, serta membantu terwujudnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Adanya perbedaan dalam Ormas dapat digunakan untuk saling melengkapi di dalam masyarakat.

“Rasa keinginan untuk berjuang mengabdi melalui jalan yang mereka pilih, mohon untuk tidak kemudian dibelokan ataupun terpengaruh sehingga mempengaruhi menodai tujuan awal tersebut,” tegas Dodit.

Harapanya setelah ada sosialiasi seperti ini membuat terkontrolnya ormas yang ada di Kulon Progo, Sehingga mencegah munculnya ormas atau lembaga kemasyarakatan yang mengancam keutuhan NKRI. 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.