Header Ads


Mensos RI Tinjau Langsung Lokasi Banjir Di Pemalang

PEMALANG – Menteri Sosial RI. Juliari P. Batubara, Rabu (26/2/2020) meninjau langsung lokasi bencana banjir di Kecamatan Ulujami dan aktivitas di dapur umum.

Usai melakukan tinjauan, Menteri selanjutnya menyerahkan bantuan kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang untuk korban bencana banjir yang diserahkan secara simbolis kepada Bupati Pemalang, yang diwakili Kepala Dinsos KBPP, Slamet Masduki, di Posko bencana banjir Ulujami, yang terletak di Balai Desa Kaliprau.

Mensos mengatakan, maksud kedatangannya di lokasi bencana tersebut adalah untuk memberikan bantuan kepada korban yang terdampak bencana banjir.

Terkait peran relawan ditempat itu, Menteri mengatakan, tanpa relawan pihaknya tidak bisa cepat turun ke lapangan, karena butuh waktu dan sedikit birokrasi.

“Meski tidak dibayar mereka sigap dan cepat respon turun lapangan. kami sangat mengapresiasi dan berterimakasih karena mereka membuat pekerjaan kami semakin ringan”, kata Mensos.

Saat ditemui di lokasi bencana, Kepala BPBD Kabupaten Pemalang, Wahadi mengungkapkan, ada 12 desa di Kecamatan Ulujami yang terdampak bencana banjir akibat hujan deras yang terjadi pada Senin (24/2) kemarin. Dalam musibah tersebut, ada 28.718 jiwa yang berada di 12 desa tersebut, yang kata Wahadi perlu disuplai makanan karena rumahnya tergenang.

“Karena rumah tergenang, mereka tidak bisa memasak, oleh sebab itu kami membuat posko dan dapur umum di Desa Kaliprau”, kata Wahadi

Wahadi menjelaskan, alasan menetapkan posko dan dapur umum di balai desa tersebut, karena posisi Kaliprau berada ditengah-tengah diantara desa-desa yang terdampak banjir di Kecamatan Ulujami. Disamping itu, di Balai Desa tersebut tidak ada genangan air.

Wahadi menjelaskan, beberapa desa yang cukup parah terdampak banjir adalah Desa Kaliprau, Tasikrejio, Blendung, Ketapang dan Desa Limbangan yang saat masih tergenang, dan hari ini sudah surut sekitar 40 cm, dibandingkan pada saat awal terjadinya banjir yang mencapai ketinggian 80 cm.

Terkait dengan kunjungan Menteri Sosial di Kaliprau, Kepala BPBD, Wahadi, menyampaikan terimakasih karena sudah membantu logistik untuk kebutuhan masyarakat di Ulujami.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.