Header Ads


Kebumen Punya Galeri Seni SMA

KEBUMEN,(JB) – Para penikmat seni dan budaya di Kebumen kini boleh berbangga hati. Mereka bisa memamerkan hasil karyanya lewat galeri seni yang berada di SMA Negeri 1 Kebumen. Galeri tersebut diresmikan oleh Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, Senin (24/2/2020).

Selain sebagai ajang pamer karya, galeri yang memiliki ukuran 8×18 M itu rencananya dapat dimanfaatkan sebagai sarana belajar tentang berbagai potensi pariwisata dan budaya yang dimiliki Kebumen.

“Dengan berdirinya galeri seni ini diharapkan selain memberikan manfaat terhadap dunia pendidikan juga meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat terhadap warisan lokal Kabupaten Kebumen,” ujar Wabup Arif.

Lebih jauh, wakil bupati berpesan perlunya promosi masif oleh para pengelola galeri lewat berbagai media agar galeri seni tersebut bisa makin diketahui dan dimanfaatkan oleh masyarakat Kebumen dan sekitarnya.

Sementara itu Kepala SMAN 1 Kebumen, Rachmat Priyono, mengatakan, pembangunan galeri seni tersebut merupakan perwujudan dari kepedulian lembaganya terhadap para pelajar dan warga Kebumen yang ingin mengekspresikan gairah seni dan budaya mereka.

“Kehadiran galeri seni ini diharapkan dapat memberi motivasi bagi pelajar dan masyarakat Kebumen dalam mengembangkan bakat seni dan menambah wawasan keilmuan tentang budaya dan pariwisata. Setiap saat galeri ini terbuka dan bisa dikunjugi para pelajar maupun masyarakat,” ujar Rachmat Priyono.

Saat ini, galeri berisi berbagai karya para siswa SMAN 1 Kebumen, seperti lukisan, foto-foto berbagai peristiwa dan obyek wisata di Kebumen. Selain itu, ada beraneka produk kreatif dari masyarakat.

Ditambahkan, galeri seni SMAN1 Kebumen itu disebut juga Pojok Geopark Nasional Karangsambung Karangbolong (GNKK) karena memberi edukasi terkait segala potensi pariwisata yang dimiliki Kebumen dan merupakan ruang untuk menampung sekaligus mendukung GNKK. Berbagai hal tentang Kebumen termasuk seni dan budaya juga ada di galeri seni ini sehingga bisa dianggap bahwa galeri seni ini merupakan taman mini Kebumen.

Untuk itu, pihak SMAN 1 Kebumen melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Badan Pengelola GNKK, serta dengan Badan Arkeologi DIY bersamaan dengan acara peresmian galeri.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.