Header Ads


Faktor-Faktor Pertumbuhan Pembangunan Ekonomi Negara

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Guys kamu perhatikan deh, gimana pertumbuhan ekonomi negara kita ini selama beberap athaun terakhir?. Tentu ada yang bilang naik ada yang turun. Pertumbuhan dna pembangunan ekonomi sebuah negara akan mencerminkan kesejahteraan negara itu sendiri guys. Pelaksanaan pembangunan   antara   negara   satu   dengan   negara   lainnya   tentu   akan berbeda.  

Satu  negara  dapat  melaksanakan  pembangunan  lebih  cepat  dari  negara  yang lainnya.  Mengapa  hal  tersebut  dapat  terjadi?.  Pertanyaan  ini  tidaklah  mudah  untuk dijawab  sebab  keberhasilan  pelaksanaan  pembangunan  ekonomi  di  suatu  negara  akan sangat bergantung pada faktor-faktor yang memengaruhi pembangunan ekonomi. Para ahli ekonomi nih menyimpukan beberapa hal yang memengaruhi pembangunan ekonomi diantaranya:

1. Sistem  sosial  dan  sikap  masyarakat.  Hal  ini  memegang  peranan  yang  penting dalam    menciptakan pembangunan ekonomi. Hasil identi fikasi di negara-negara  berkembang  menunjukkan  sistem  sosial  dan  sikap  masyarakat  menjadi penghambat  dalam  pembangunan  ekonomi.  Adat  istiadat  yang  sangat  kental pada masyarakat  tradisional  berupa  upacara  untuk  berbagai  kegiatan  dan acara dianggap memperlambat pertumbuhan ekonomi. Selain itu, sikap atau pola hidup masyarakat  yang  tidak  mau  bekerja  keras,  bekerja  dengan  jam  kerja  yang  pendek, malas menabung, dan sikap negatif lainnya juga dapat menghambat pembangunan ekonomi.
 gimana pertumbuhan ekonomi negara kita ini selama beberap athaun terakhir Faktor-Faktor Pertumbuhan Pembangunan Ekonomi Negara
Pembangunan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia di ASEAN
2. Kepemilikan barang  modal. Pada   masyarakat yang kurang   maju,   kepemilikan modal  seperti  cangkul, bajak, dan  parang  akan  sangat  berperan  penting  untuk kegiatan berburu dan bertani. Pada masyarakat modern, peranan modal juga sangat menentukan keberhasilan peningkatan produktivitas. Di era kapitalisme, siapa yang punya modal kuat maka ia akan berkuasa melebarkan sayap bisnis mereka.

3. Kuantitas  dan  kualitas  penduduk  serta  tenaga  kerja. Pertambahan  penduduk  dari waktu  ke  waktu  dapat  menjadi  motor  penggerak  pembangunan  ekonomi.  Namun hal  ini  juga  dapat  menjadi  bumerang  apabila  pertambahan  penduduk  tersebut tidak diimbangi dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia, terutama dari sisi  pendidikan  dan  keterampilan. Di satu  sisi,  tingginya  jumlah  penduduk  dapat meningkatkan   permintaan  barang  yang  akan  diikuti  dengan   perluasan   pasar. Namun di sisi yang lain, hal ini dapat memicu terjadinya pengangguran yang besar apabila  sektor  industri  tidak  mampu menyerap  tenaga  kerja  yang  ada.  Oleh  sebab itu, perlu adanya pengendalian dalam laju pertumbuhan penduduk, seperti program Keluarga Berencana (KB) yang disertai dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

4. Penguasaan  teknologi.  Makin  majunya  peradaban  manusia  diiringi  dengan  majunya tingkat penggunaan teknologi. Hal ini dapat dianggap sebagai keberhasilan manusia dalam mengembangkan ilmu pengetahuan. Namun, kemajuan teknologi juga dapat memberikan  dampak  negatif.  Salah  satunya adalah pengangguran akibat teknologi, misalnya mekanisasi atau penggantian tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Gambar: disini

Sumber https://geograph88.blogspot.com/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.